Jika kinerja
pendinginan A/C tidak memadai, pertama periksa apakah jumlah refrigerant sesuai
jumlah spesfikasi. Jika jumlah tidak memadai, periksa dari kebocoran gas dan
perbaiki part yang rusak sebelum mengisi refrigerant. Buku ini akan menjelaskan
prosedur pembongkaran dan pemasangan, dan metoda
pengisian refrigerant
untuk kompresor A/C
1. Periksa jumlah
pengisian refrigerant
2. Recover
refrigerant
Recover refrigerant.
PETUNJUK:
Recover refrigerant
A/C dengan refrigerant recovery machine.
3. Melepas dan
memasang kompresor A/C
Dengan melepas drive
belt, lepas dan pasang kompresor A/C.
4. Pengisian
refrigerant
Pengisian
refrigerant.
Terdapat dua metoda
untuk memeriksa jumlah pengisian refrigerant.
1. Kondisi untuk
memeriksa
Dengan kendaraan
dalam kondisi di bawah, periksa tekanan refrigerant. Putaran mesin pada 1,500
rpm
Switch kontrol
kecepatan blower pada "HI" Switch A/C "ON" Selektor
temperatur pada "MAX COOL" Buka penuh semua pintu
2. Periksa dengan
sight glass
Periksa jumlah
refrigerant melalui aliran refrigerant dalam sight glass.
A: Cukup
Hampir tidak ada
gelembung Ini berarti jumlah refrigerant adalah cukup.
B: Tidak cukup
Aliran gelembung
secara terus menerus Ini berarti jumlah refrigerant adalah tidak
cukup.
C: Kosong atau
Berlebihan Tidak ada gelembung yang
terlihat
Ini berarti bahwa
refrigerant container adalah kosong atau mengandung refrigerant yang
berlebihan.
3. Periksa dengan
manifold gauge set Menghubungkan Manifold Gauge
Menggunakan manifold
gauge, periksa tekanan refrigerant.
(1) Hubungkan
manifold gauge.
PETUNJUK:
Jangan mengubungkan
sesuatu ke bagian tengah manifold gauge
1. Karakteristik
manifold gauge
(1) Terdapat pressure
gauge untuk highpressure dan low-pressure.
(2) Switch saluran
selang pengisian dengan membuka dan menutup valve.
PETUNJUK:
Manifold gauge
didesain untuk HFC-134a (R134a) tidak dapat digunakan untuk system A/C yang
menggunakan CFC-12 (R12).
2. Menghubungkan
Manifold Gauge
(1) Tutup sisi
low-pressure valve dan sisi high-pressure valve dari manifold gauge secara
lengkap.
(2) Hubungkan satu ujung dari selang charging
ke manifold gauge dan ujung lainnya ke service valve pada sisi kendaraan.
selang biru hose --> Sisi low-pressure selang merah --> Sisi high
pressure
3. Periksa dengan
manifold gauge set
Hidupkan mesin dan
periksa tekanan yang ditunjukkan oleh manifold gauge selama air conditioner
sedang bekerja. Penunjukan tekanan spesifikasi:
0.15-0.25 MPa
(1.5-2.5kgf/cm2, 21-36
psi)
Sisi high-pressure
1.37-1.57 MPa
(14-16 kgf/cm2,
199-228 psi)
4. Periksa dari
kebocoran gas
(1) Periksa dari
kebocoran refrigerant dengan gas leak tester.
(2) Lokasi utama yang
harus diperiksa dengan gas leak tester adalah di bawah ini.
Resister Blower
Kompresor A/C
Condenser
Evaporator
Receiver atau Modulator
Drain hose
Posisi menghubungkan pipa
Gas leak tester
bagus broo ..
BalasHapustambahan saja kalo bisa ada sistem Cara kerjanya Air Conditioner juga broo lebih mantep iku
ok" thx :)
Menyusul gan...
Hapusthanks infonya gan! berguna banget nech bwt tgasq
BalasHapus