Halaman

Selasa, 20 November 2012

Air Conditioner





Jika kinerja pendinginan A/C tidak memadai, pertama periksa apakah jumlah refrigerant sesuai jumlah spesfikasi. Jika jumlah tidak memadai, periksa dari kebocoran gas dan perbaiki part yang rusak sebelum mengisi refrigerant. Buku ini akan menjelaskan prosedur pembongkaran dan pemasangan, dan metoda
pengisian refrigerant untuk kompresor A/C


1. Periksa jumlah pengisian refrigerant
Periksa jumlah pengisian refrigerant dan dari kebocoran gas.
2. Recover refrigerant
Recover refrigerant.
PETUNJUK:
Recover refrigerant A/C dengan refrigerant recovery machine.
3. Melepas dan memasang kompresor A/C
Dengan melepas drive belt, lepas dan pasang kompresor A/C.
4. Pengisian refrigerant
Pengisian refrigerant.

Terdapat dua metoda untuk memeriksa jumlah pengisian refrigerant.
1. Kondisi untuk memeriksa
Dengan kendaraan dalam kondisi di bawah, periksa tekanan refrigerant. Putaran mesin pada 1,500 rpm
Switch kontrol kecepatan blower pada "HI" Switch A/C "ON" Selektor temperatur pada "MAX COOL" Buka penuh semua pintu
2. Periksa dengan sight glass
Periksa jumlah refrigerant melalui aliran refrigerant dalam sight glass.
A: Cukup
Hampir tidak ada gelembung Ini berarti jumlah refrigerant adalah cukup.
B: Tidak cukup
Aliran gelembung secara terus menerus Ini berarti jumlah refrigerant adalah tidak
cukup.
C: Kosong atau Berlebihan  Tidak ada gelembung yang terlihat
Ini berarti bahwa refrigerant container adalah kosong atau mengandung refrigerant yang berlebihan.
3. Periksa dengan manifold gauge set Menghubungkan Manifold Gauge
Menggunakan manifold gauge, periksa tekanan refrigerant.
(1) Hubungkan manifold gauge.
PETUNJUK:
Jangan mengubungkan sesuatu ke bagian tengah manifold gauge
1. Karakteristik manifold gauge
(1) Terdapat pressure gauge untuk highpressure dan low-pressure.
(2) Switch saluran selang pengisian dengan membuka dan menutup valve.
PETUNJUK:
Manifold gauge didesain untuk HFC-134a (R134a) tidak dapat digunakan untuk system A/C yang menggunakan CFC-12 (R12).
2. Menghubungkan Manifold Gauge
(1) Tutup sisi low-pressure valve dan sisi high-pressure valve dari manifold gauge secara lengkap.
 (2) Hubungkan satu ujung dari selang charging ke manifold gauge dan ujung lainnya ke service valve pada sisi kendaraan. selang biru hose --> Sisi low-pressure selang merah --> Sisi high pressure
3. Periksa dengan manifold gauge set
Hidupkan mesin dan periksa tekanan yang ditunjukkan oleh manifold gauge selama air conditioner sedang bekerja. Penunjukan tekanan spesifikasi:
Sisi low-pressure
0.15-0.25 MPa
(1.5-2.5kgf/cm2, 21-36 psi)
Sisi high-pressure
1.37-1.57 MPa
(14-16 kgf/cm2, 199-228 psi)
4. Periksa dari kebocoran gas
(1) Periksa dari kebocoran refrigerant dengan gas leak tester.
(2) Lokasi utama yang harus diperiksa dengan gas leak tester adalah di bawah ini.
Resister Blower
Kompresor A/C
Condenser
Evaporator
Receiver atau Modulator
Drain hose
Posisi menghubungkan pipa
Gas leak tester

3 komentar:

  1. bagus broo ..
    tambahan saja kalo bisa ada sistem Cara kerjanya Air Conditioner juga broo lebih mantep iku
    ok" thx :)

    BalasHapus
  2. thanks infonya gan! berguna banget nech bwt tgasq

    BalasHapus